Just another WordPress.com site

rpp matematika dede

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama kelompok :

1. Aneng Puspita Sari      (A1G008001)

2. Ayu Susilawati W         (A1G008023)

3. Dede Puspitasari           (A1G008026)

4. Dwi Erni Susanti             (A1G008035)

4. Fitria Zulni                      (A1G008037)

5. Heri Santoso                   (A1G008047)

Simulator:

Dede Puspitasari (A1G008026)


Dosen Pengampu:

Dra. V. KARJIATI, M.Pd.

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BENGKULU

2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/                                  : III / I
Alokasi Waktu             : 2 x 35 (1 x pertemuan)

 

  1. A.  STANDAR KOMPETENSI:

2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

B. KOMPETENSI DASAR:

2.2  Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

  1. C.  INDIKATOR:     

Kognitif Produk

  1. Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan

Kognitif Proses

  1. Menjelaskan berbagai strategi untuk menyatakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
  2. Melakukan percobaan dengan menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan

Afektif

  1. Mengembangkan prilaku karakter, meliputi:
  2. Menyatakan pendapat dengan kata yang baik dan sopan
  3. Mengerti dan menghargai pendapat orang lain
  4. Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
  5. Mengembangkan keterampilan sosial
  6. Mampu berkomunikasi secara lisan
  7. Mampu berkomunikasi secara tertulis

Psikomotor

Menuliskan kesan tentang meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan

  1. D.  TUJUAN PEMBELAJARAN:

Kognitif Produk

  1. Dengan menggunakan alat peraga, siswa dapat menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan

Kognitif Proses

  1. Diberikan suatu alat peraga seperti meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan, siswa dapat menyelesaikannya
  2. Dengan bimbingan guru siswa dapat mengukur tinggi badan dengan menggunakan meteran kain, meteran saku dan penggaris.

Psikomotor

Dengan menyimak penjelasan dari guru, siswa dapat mengerti cara mengukur tinggi badan

Afektif

  1. Mengembangkan perilaku karakter:
  2. Mampu menjadi teman kerja yang menyenagkan ketika kerja kelompok
  3. Mampu untuk saling mengerti dan menghargai pendapat orang lain
  4. Mampu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab
  5. Mengembangkan keterampilan social
  6. Mampu berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
  7. Mampu berkomunikasi secara tertulis
  1. E.  Materi Pembelajaran:
  2. Alat ukur
  1. F.   Pendekatan dan metode pembelajaran

Pendekatan: Konstruktivisme

Metode: Tanya jawab, dan diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pembelajaran

  1. Pendahuluan ( 10 menit )
  2. Pra Kegiatan
    1. Berdoa
    2. Guru mengecek kehadiran siswa
    3. Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
    4. Kegiatan membuka
      1. Guru menyampaikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema pembelajaran
      2. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran
  3. Kegiatan Inti ( 45 menit )
  4. Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
  5. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
  6. Guru membawa media berupa meteran kain, meteran saku dan penggaris
  7. Guru meminta salah satu siswa maju kedepan untuk mempraktekannya dengan media yang telah disediakan guru untuk mengukur tinggi badan
  8. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
  9. Guru membagi lembar diskusi siswa dan menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan
  10. Siswa diminta menampilkan hasil kerja kelompoknya dan mengumpulkan lembar jawaban dari LKS
    1. Kegiatan Akhir  ( 15 menit)
    2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
    3. Guru memberikan evaluasi kepada siswa
    4. Siswa menggerjakan evaluasi
    5. Guru menutup pelajaran
  1. G.    Sumber Belajar
    1. Buku Elektronik kelas 3 SD semester 1
    2.  Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III penerbit BSNP
      1. Prosedur       : Proses dan hasil (tertulis)
      2. Teknik          : Evaluasi
      3. Bentuk         : Essay
  1. Penilaian

Penilaian Proses

Lembar Observasi Keaktifan Siswa

No

Nama Siswa

Skor masing-masing aspek

Keaktifan

Kerjasama

Keseriusan

1

2
3
dst

Lembar Kerja Siswa

 

 

Kerjakan secara berkelompok!

• Bentuklah kelompok dengan anggota 5 orang.

• Ukurlah tinggi badan anggota kelompokmu.

• Catatlah pada tabel seperti berikut:

No.

Nama anak

Tinggi badan (cm)

Evaluasi

 

 

1. Panjang tali sepatu Romi adalah 16 cm.

Jika ditaksir, maka panjang tali sepatu Romi kira-kira … cm.

2. Panjang pita Nita adalah 25 cm.

Jika ditaksir, maka panjang pita Nita kira-kira … cm.

3. Panjang buku Amin adalah 28 cm.

Jika ditaksir, maka panjang buku Amin kira-kira … cm.

4. Panjang pensil Ani adalah 7 cm.

Jika ditaksir, maka panjang pensil Ani kira-kira … cm.

5. Panjang ikat pinggang Andri adalah 66 cm.

Jika ditaksir, maka panjang ikat pinggang Andri kira-kira … cm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: