Just another WordPress.com site

rpp matematika erni

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

MATEMATIKA KELAS III

 

DISUSUN OLEH:

  1. 1.    Dwi Erni Susanti                    (A1G008035)

 

Anggota Kelompok

  1. 2.    Aneng Puspita Sari                (A1G008001)
  2. 3.    Ayu Susilawati Wardani       (A1G008023)
  3. 4.    Dede PuspitaSari                   (A1G008026)
  4. 5.    Fitria Zulni                              (A1G008043)
  5. 6.    Heri Santoso                          (A1G008047)

 

Dosen pengampu :

Dra. V. Karjiati, M.Pd.

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

JURUSAN ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BENGKULU

2011

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : III / 2

Materi                          : JENIS DAN BESAR SUDUT

Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)

  1. A.    Standar Kompetensi

7. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar.

B. Kompetensi Dasar

4.2 Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut

  1. C.    Indikator
  • § kognitif

Produk

  1. Menentukan jenis-jenis sudut
  2. Membuat jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.

Proses

  1. Mendeskripsikan pengertian sudut.
  2. Menjelaskan strategi dalam menggambar jenis-jenis sudut.
  • § Afektif

Mengembangkan prilaku karakter

  1. a.  Melaksanakan tugas dengan tanggunga jawab

Mengembangkan prilaku social

  1. a.  Mampu berkomunikasi lisan dengan baik
  • § psikomotorik
  1. a.  Melakukan komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat.

b. Menuliskan kesan visual terhadap jenis-jenis sudut.

  1. D.    Tujuan Pembelajaran
  • kognitif

Produk

1. Diberikan media gambar gambar bangun datar, siswa dapat menunjukan bagian- bagian sudutnya.

  1. Dengan bimbingan guru menggunakan media gambar-gambar sudut di depan kelas siswa dapat siswa dapat menentukan jenis-jenis sudut.
  2. Melalui bimbingan guru siswa dapat menggambarkan sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul

Proses

  1. Melalui tanya jawab yang dibimbing oleh guru dengan menggunakan media gambar siswa mengungkapkan pengertian sudut.
  2. Guru memberikan strategi menggambarkan jenis-jenis sudutl lancip, siku-siku, dan sudut tumpul.
  • § Afektif

Mengembangkan prilaku karakter

  1. a.  Melaksanakan tugas dengan tanggunga jawab

Mengembangkan prilaku social

  1. a.  Mampu berkomunikasi lisan dengan baik
  • § psikomotorik
  1. Melakukan komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat.
  2.  Menuliskan kesan visual terhadap sifat-sifat kubus dan balok.
  3. E.     Model/Metode Pembelajaran
    1. Tanya jawab.
    2. Demonstrasi
    3. Penugasan
    4. Pemecahan masalah (problem solving) dengan bimbingan guru.
    5. F.     Materi
      1. Bangun datar sederhana
      2. G.    Sumber Pembelajaran
        1. Buku Sekolah Elektronik matematika SD Kelas III.
        2. Kurikulum KTSP, 2006.
        3. Silabus SD kelas III.
      3. H.    Alat dan Bahan
        1. Media gambar:
  • bangun datar persegi dan segi tiga
  • gambar-gambar sudut
  1. Media konkrit
  2. I.       Kegiatan Pembelajaran (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 10 menit)

Kegiatan Pembelajaran

Keterlaksanaan / Tidak

  1. A.    Kegiatan awal

–       Guru membuat RPP

–       Guru menyiapkan alat peraga

–       Anak-anak berdoa

–       Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar

Terlaksana / Tidak

  1. B.     Kegiatan membuka

–       Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan    pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan “jenis dan besar sudut”.

–       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Terlaksana / Tidak

Inti (± 45 menit)

Kegiatan Pembelajaran

Keterlaksanaan / Tidak

  1. Menyampaikan informasi tentang konsep sudut

Terlaksana / Tidak

  1. Menggunakan media gambar Guru menjelaskan materi pembelajaran sudut,

Terlaksana / Tidak

  1. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang dianggap belum jelas.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru memberikan media tentang bentuk-bentuk sudut, kemudian membimbing siswa untuk menentukan jenis-jenis sudut.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru membimbing siswa untuk menggambar jenis sudut lancip, siku-siku, dan sudut tumpul.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru memberikan penghargaan secara verbal kepada siswa yang aktif.

Terlaksana / Tidak

  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru bersama siswa mencari jawaban tentang hal-hal yang belum dipahami.

Terlaksana / Tidak

 

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran

Keterlaksanaan / Tidak

  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.

Terlaksana / Tidak

  1. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).

Terlaksana / Tidak

  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.

Terlaksana / Tidak

 

  1. J.      Evaluasi
  2. Penilaian Proses          : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
  3. Penilaian Hasil            : Tertulis (Essay).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LKS

Nama              :

Kelas               :

Hari / Tanggal :

Perintah: gambarkan jenis-jenis sudut di bawah ini

1. Tiga sudut siku-siku.

2. Lima sudut lancip yang ukurannya berbeda.

3. Lima sudut tumpul yang ukurannya berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Evaluasi

 

Amatilah antara pukul 2 siang sampai pukul 5 sore, tentukan jenis sudut yang terbentuk oleh kedua jarum jam pada tiap jamnya! Masukan dalam table berikut.

pukul

Jenis sudut yang terbentuk

14.00

15.00

16.00

17.00

….

….

….

….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian

  1. 1.      Penilaian Proses

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Keseriusan dalam pembelajaran

Keaktifan dalam belajar

Sikap dan perilaku dalam pembelajaran

Jumlah nilai

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

Keterangan :

1 = kurang       3 = baik

2  = cukup        4 = baik sekali

  1. 2.      Penilaian Konsep
    1. Prosedur    : Post Test
    2. Bentuk      : Essay
    3. Jenis          : Tertulis
    4. Penskoran : jumlah soal = 4, 1 soal nilainya 2,5 skor = 4 x 2,5 = 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: